Jumat, 30 Mei 2014

Berbagi Itu Indah



Berbagi ilmu tak terbatas ruang dan waktu. Hari ini aku senang sekali bisa berbagi bersama adik – adik di SMPN 46 bersama kakang dan teteh – teteh satu tim dalam mata kuliah rehabilitasi sosial. Awalnya memang kami ditugaskan untuk membuat sebuah modul pelatihan dengan tema yang sudah ditentukan oleh dosen, tema yang berhubungan dengan kebutuhan – kebutuhan sesuai dengan fenomena – fenomena yang lagi marak – maraknya terjadi. Alhasil, modul itu dapat dipakai dan langsung dipraktekkan.
Kami diberi kesempatan untuk memilih, mau ngasih pelatihan di sekolah dasar atau di SMP dan akhirnya saya memilih SMP, saya belum punya nyali buat ngasih pelatihan di anak – anak sekolah dasar, udah kebayang ribetnya. Tapi insyaAllah kalau ada project kedepannya mau nyoba deh ke anak – anak, tapi kayaknya mendingan dari pelajar remaja sama mahasiswa lebih enak buat diajak kerjasama jadi biar lebih kooperatif juga.
Sebelum ke smp tersebut kita menghubungi dulu dua sekolah madrasah tsanawiyah (sederajat sama SMP)  tapi karena satu dan lain hal akhirnya kami ke smp tersebut. Alhamdulillah pihak sekolahnya welcome banget pas kita kesana ngajak kerjasama buat pelatihan, kita bikin surat dan akhirnya sepakat buat ngadain pelatihan.
Tanggal 28 mei 2014 menjadi hari bersejarah kami untuk memberikan pelatihan ke anak – anak smp, meskipun ada sedikit problem yang cukup bikin cemas pas kita datang kesana soalnya masalah koordinasi dengan guru – gurunya belum. Hwaa dari sana ada ketegangan sedikit. Tapi Alhamdulillah akhirnya tetap diijinin buat ngadain pelatihan disana dengan menggunakan ruangan multimedia.
Pesertanya 30 orang perwakilan dari setiap kelas, kita ngambil kelas VIII yang berjumlah 10 kelas jadi perwakilan tiap kelas 3 orang jadi 30 orang kita dapatkan dari orang – orang terpilih dikelasnya.
Lagu “semangat baru” punya Ello dan Ipang pun mewarnai pagi itu sambil beres – beres dengan cepat – cepat soalnya udah ngarett dari jadwal yang udah ditentukan karena ada problem dulu sebelumnya. Its Ok semua itu dapat diatasi. Para siswa pilihan itu pun mulai memasuki ruangan, dan memenuhi kursi yang telah kami sediakan. Alunan music penuh semangat pun mewarnai ruangan itu, sensasi yang begitu bersemangat dari adik – adik yang penuh harapan kakak – kakaknya bakalan ngasih sesuatu yang berharga membuat saya lebih semangat lagi dalam membawakan acaranya.
Waktu pun sudah menunjukkan pukul setengah 9 dan akhirnya kita mulai, saya pun membawakan acara dengan penuh semangat karena melihat ekspresi – ekspresi wajah yang begitu antusias dari para siswa untuk mengikuti pelatihan ini, pelatihan ini kita kasih judul Social Competence Training.
Satu persatu Trainer membawakan materi dengan penuh semangat dan membawakan keceriaan kepada siswa – siswa tersebut, karena jargon kita kali ini 3C: Cerdas, Ceria, Cemungutt. Walaupun agak alayy dikit.
Berbagi itu memang indah, mudah – mudahan ilmu yang kami berikan kepada adik – adik dapat bermanfaat setelah mengikuti pelatihan dari kami. Keceriaan yang mewarnai ruangan membuat kami lebih mudah membawakan materi, membuat saya lebih enjoy dan nyaman membawakan acara dari awal sampai akhir.
Alhamdulillah kuucapkan syukurku padaMu ya Rabb atas kuasamu saya diberi kesempatan untuk berbagi bersama adik – adik di SMPN 46. Yakin ketika kita berusaha dan berniat baik dalam melakukan sesuatu, Allah akan mempermudah jalannya. Thanks To Allah 

2 komentar:

qeeyaaulia.blogspot.com mengatakan...

Nice story :-)
Rangkuman materi dan suasana selama materinya mana nih?

Unknown mengatakan...

Asyiiik teh kiki baca postingan aku juga. hahhaha
nanti teh nyusul aja eaa. tunggu postingan aku selanjutnya hhe

Posting Komentar

 
;