Kamis, 26 Juli 2012

Ramadhan : Mengaji Bersama, kegiatan Sore Kami

Sore yang cerah di bulan Ramadhan, suara merdu lantunan ayat - ayat Al - Quran yang diputar lewat kaset itu mengawali kami untuk Mengaji Di Mesjid. Semangat anak - anak yang ingin belajar bersama, mengaji bersama, bergembira dengan pebuh tawa memasuki mesjid, wajah yang penuh harap ingin segera mebaca Al - Quran yang dibawanya. Rombongan malaikat - malaikat kecil itu pun datang ke mesjid dengan membawa al - Quran yang dibawanya dengan penuh semangat menuju mesjid dimana lantunan kaset itu diputar.
Masjid Al - Ittihad, Indihiang - Tasikmalaya
Waktu menunjukan jam 16.00, lantunan kaset itu pun berhenti dan saatnya kami yang mengeluarkan suara merdu itu menghangatkan sudut - sudut mesjid yang menjadi saksi. Lingkaran - lingkaran kecil terbentuk untuk memulai mengaji, yang pertama datang berarti dia yang pertama mengaji. Suara lembut yang terdengar ditelingaku kadang membuat telinga ini kurang mendengar apa yang mereka bacakan, rasa malu anak - anak itu yang membuat suara merdunya terbata - bata bahkan hampir tak terdengar, kembali aku mengingatkan agar suara merdunya terdengar di telingaku. Rangkaian ayat - ayat Al - Qur'an pun selesai dibaca setelah membaca beberapa ayat dan dilanjutkan ke anak - anak yang lainnya.
Mesjid Al - Ittihad, Indihiang - Tasikmalaya
Sabar menunggu kata - kata yang keluar dari bibir mungilnya anak - anak yang masih belajar untuk membaca Al - Quran. Ayat demi ayat pun mereka lewati, rasa jenuh kadang muncul diantara malaikat - malaikat kecil itu yang membuat mereka keluar dari lingakaran dan membuat lingkaran kecil lagi untuk bermain bersama teman - temannya dengan polosnya mereka pun tertawa riang dan bermain dengan suara kerasnya berbeda dengan suara mereka ketika mengaji suara - suara merdunya yang keras, kadang membuat hati ini menciut ketika tahu ketika mengaji mereka hanya mengeluarkan suara lembut nan kecil yang terbata - bata. membuat hati ini tertawa melihat kelakuan malaikat - malaikat kecil itu, lucu dan menggemaskan.
Mereka kembali lagi ke jalan yang benar ke dalam lingkaran ketika jam dinding mesjid itu menunjukan jam 16.50 yang menunjukan sebentar lagi waktu mereka untuk pulang.
Waktu menunjukan Jam 17.00 yang menandakan waktu pulang mereka tiba. dan lingkaran itu pun seakan hilang dalam sekejap.
Dan begitulah kegiatan sore kami di bulan Ramadhan. Sedikit waktu tapi penuh makna.

3 komentar:

Yuni mengatakan...

alhamdulillah puasa disertai dgn kegiatan positiv.....^^

blognya ungu....lucu...hehehe
slm kenal :)"

Unknown mengatakan...

Yaa itu sdh tgs kita utk melakukan hal - hal yg positif,

Lucu kayak orangnya yaa.. hhe
iya salam knl juga :D

Unknown mengatakan...

terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :D

Posting Komentar

 
;