Minggu, 12 Agustus 2012

Mengisi Kehidupan dengan Kebaikan

 
Bulan Ramdahan adalah bulan Suci yang penuh berkah. Mari kita isi lembaran - lembaran kehidupan kita dengan sejumlah kebaikan.
today is better than tomorrow hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin. Merugilah orang - orang yang hari ini lebih buruk daripada hari kemarin. Dengan begitu mari kita isi lembaran - lembaran yang tersisa dalam kehidupan ini dengan kebaikan. Pertama, dengan upaya peningkatan prestasi ilmu, iman, dan amal shaleh kita. Jangan kita merasa puas dengan ilmu yang sudah kita dapatkan, amal - amal sholeh yang sudah kita kerkakan. Jangan kita merasa puas dengan ilmu dan amal yang sudah kita raih dan kita kerjakan. Sebagaimana diperintahkan oleh Alloh swt : "Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh - sungguh (urusan) yang lain." (Al - Insyiroh : 7). Mari kita berdamai dengan masalalu atas apa yang pernah kita lakuakan sebelum semuanya terlambat, gunakan sisa umur kita untuk memperbaiki itu semua dengan mengisi kebaikan di setiap lembaran - lembaran kehidupan kita yang tersisa.
Kedua, Mari kita tingaktkan upaya dan usaha kita untuk memelihara kebersihan dan kesucian jiwa kita dan menjaga hati kita dari penyakit penyakit dosa. Bagaimana Cara memelihara kebersihan jiwa kita ?
Untuk memelihara kebersihan jiwa kita bisa dilakukan dengan empat hal :
1. Mujahadah, yaitu meningkatkan kesungguhan kita dalam beramal sholeh.
2. Muraqabah, yakni sikap merasa selalu diawasi oleh Alloh, dimana pun kita berada, apa pun yang kita lakukan dan katakan Alloh pasti mengetahui, karena Alloh Maha Mengetahui.
3. Muhasabah, Selalu introspeksi diri atas kesalahan dan kehilafan kita.
4. Taubat/istighfar, segera memohon ampunan Alloh bila kita sadar telah berbuat dosa.
Ketiga, Mempererat Silaturahim kita dengan keluarga sesuai dengan amanat Alloh "Quu Anfusakum wa ahlikum naara" Periharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.
Keempat, Mari kita bersihkan harta kita dan sucikan jiwa kita dengan senantiasa menunaikan kewajiban yang ada dalam harta tersebut dalam bentuk zakat, infaq, wakaf dan sedekah sebagai "Al - Baaqiyaat Al - Shaalihaat", sesuatu yang kita sisihkan dalam keshalehan yang insyaalloh akan menjadi benteng dan pengahalang diri kita dari siksa api neraka.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;